Selasa, 29 Desember 2015

Macam-Macam Sistem Operasi Yang Ada di Handphone

Setelah saya menjelaskan sedikit tentang Handphone Android Terbaik dan Spesifikasinya. Saya jadi tertarik untuk menjelaskan Macam-Macam Sistem Operasi Yang Ada di Handphone




MACAM-MACAM SISTEM OPERASI YANG ADA DI HP
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang hampir disemua perangkat mobile atau handphone sudah memiliki sistem operasi, apabila sebuah ponsel sudah dibenamkan sistem operasi didalamnya, maka ponsel tersebut sudah dikategorikan sebagai smartphone atau ponsel pintar. fungsi dari sestem operasi yaitu bertanggung jawab untuk mengoperasikan fungsi dan fitur serta aplikasi yang ada dalam perangkat handphone tersebut, serta masih banyak lagi fungsi dari sistem operasi tersebut.
Berikut ini adalah macam-macam sistem operasi yang sudah banyak dikenal dan ditanamkan dalam sebuah ponsel ataupun PDA.

1. Symbian
symbian bisa dibilang sebagai sistem operasi yang sudah sangat berumur, karna symbian sudah lama berkecimpung dalam dunia ponsel,serta kebanyakan ponsel yang menggunakan sistem ini adalah raksasa ponsel asal finlandia yaitu nokia. jadi hampir semua orang pasti sudah mengenal sistem operasi ini. selain nokia juga ada vendor ponsel lain yang menggunakan sistem operasi ini seperti ericson dan motorolla. tapi nokia adalah pemilik saham tertinggi atas symbian ltd. jadi kebanyakan dikuasai oleh nokia. sekarang symbian sudah kalah bersaing dengan sistem operasi lain seperti android dan iOS. selain symbian, nokia juga mengembangkan sebuah sistem operasi bernama meego, hasil kerjasama antara nokia dengan intel. handphone nokia yang menggunakan OS meego adalah nokia N9

2. Palm OS
saya kurang mengetahui tentang sistem operasi yang satu ini, mungkin karena keterbatasan produknya di indonesia atau memang tidak beredar disini.
markas palm inc berada di sunyvale california amerika serikat. menurut yang saya baca, perusahaan yang mengembangkana palm telah dihentikan.

3. Windows Mobile
Windows mobile atau yang sekarang disebut windows phone adalah sistem operasi berbasis mobile yang dikembangak oleh Microsoft inc. windows mobile sudah hadir sejak tahun 2000 dan digunakan pada pocket PC.namun seiring berjalannya waktu windows pun terus berinovasi mengembangkan sistem operasi mobilenya. dari versi 6.5 sekarang sudah dikembangkan versi windows phone 7.5 dan 8. dan sistem operasi ini ditanamkan sebagai sistem operasi pada microsoft surface atau tablet microsoft terbaru. bahkan nokia meninggalkan symbian dan beralih menggunakan sistem operasi ini.

4. Android OS
Android adalah sistem operasi berbasis linux, jadi sistem operasi ini adalah open source atau terbuka. sistem operasi ini dikembangkan oleh google setelah mengakuisisinya dan terus berlanjut sampai sekarang. sistem operasi android yang paling baru sekarang adalah android versi 4.1 atau jelly bean. vendor ponsel yang mendominasi menggunakan android adalah Samsung, HTC, Motorolla dan SONY. tapi karna sistem operasi ini berbasis open source, maka bukan cuma vendor-vendor ternama diatas yang menanamkan android sebagai sistem operasinya. banyak juga vendor ponsel lokal yang menggunakan sistem operasi ini, bahkan tablet-tablet cina sudah sangat banyak beredar dengan harga dibawah 1 juta

5. Blackberry OS (OSx)
sistem operasi ini digunakan hanya untuk ponsel blackberry buatan RIM (Research In Motion) yang berasal dari canada.yang membuat blackberry diminati adalah BBM yang cuma ada pada perangkat blackberry serta push-emailnya yang cepat. kebanyak pengguna blackberry adalah kalangan pelajar dan kalangan bisnis.

6. Apple OS (iOS)
Adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh apple inc.sistem ini hanya dibenamkan pada produk apple. mungkin sebagian orang belum begitu mengenal sistem operasi ini karna tidak open source dan harga produk apple yang masih tinggi di indonesia, jadi kebanyakan orang-orang indonesia masih memilih membeli blackberry dan android.

7. Firefox OS
Kabarnya perusahaan yang mengembangkan aplikasi browser terkenal mozilla firefox akan membuat sebuah Sistem Operasi mobile untuk menyaingi Sistem Operasi yang sudah ada seperti Android dan iOS. jadi mampukah OS ini bersaing dengan OS yang sudah lama ada dan mendominasi sekarang ini.?
kita lihat nanti setelah OS ini resmi diluncurkan.

0 komentar:

Posting Komentar